Monday, April 1, 2019

Landik: Tanaman Liar Yang Memiliki Manfaat Sebagai Obat Luka

Landik, orang jawa ada pula yang menyebutnya dengan nama “sujen trus,” sedangkan orang-orang Cina dmenjulukinya juga dengan istilah “Hua ye jia du juan,” adalah satu tanaman perdu yang bisa tumbuh liar dan adakalanya beberapa orang merawatnya sebagai tanaman hias di pekarangan rumah. Landik yang masuk dalam suku Acanthaceae dan bernama simplisia Barleriae lupulinae Folium, ditengarai berasal dari Madagaskar dengan bukti penemuan yang ukurannnya sampai ketinggian 100 m dpl.

Apa itu Landik?

Bentuk Landik?
Landik merupakan tanaman perdu yang bercabang banyak, dengan pada umumnya memiliki ketinggian1 hingga2 meter. Pada batangnya yang berkayu terdapat pula duri, dan warnanya adalah cokelat tua. Tentang daun, ia memiliki daun tunggal, dengan posisi berhadapan, dan memiliki tangkai pendek.

Bunga Kuning dan Rasa Pahit Pedas

Pada ujung batang tanaman landik akan muncul bunga warna kuning emas, dengan bentuk yang berkumpul dalam satu rangkaian dan buliran. Selain bunga, ada pula buah dengan biji bulat pipih, cokelat kehitaman. Rasa dari landik ini adalah bercampur antara pahit dan pedas.

Komposisi Zat
Zat yang terkandung dalam landik ada beberapa macam, antara daun dan batang ada zat-zat yang tak sama. Jika daun memiliki kadar polifenol, maka batang dan akar landak mengandung polifenol, saponin, dan flavonoida.

Khasiat dan Cara Memanfaatkannya
Meski tergolong tanaman liar, landik memiliki manfaat lebih guna mengobati beberapa penyakit dan luka yang kitra derita. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kita redakan dan obati dengan cara memenfaatkan daun landik;

Manfaat dan Khasiat
* Pengobatan rabies, dan rasa sakit lain akibat dari gigitan anjing dan ular berbisa
* Mengatasi bengkak akibat pukulan dan tertimpa benda lain ataupun karena terjatuh
* Meredakan rasa sakit karena encok dan rematik
* Selain mengobati luka berdarah, berkhasiat pula untuk mengobati bisul dan juga koreng

Cara Pengobatan
Untuk pengobatan luar dan dalam ada sedikit perbedaan. Untuk pengobatan luar kita bisa memulainya dengan cara mengambil dan memilih daun landik segar lalu dicuci dan dibersihkan, kemudian digiling/ditumbuk hingga halus. ramuan halus tersebut bisa ditambah dengan air kapur sirih secukupnya. Jika telah siap, silakan balur dan tempelkan pada bagian sakit ataupun sisi luka yang diderita.

Sedangkan untuk obat dalam, kita cukup mengambilnya beberapa lembar (sesuai kebutuhan), pilih yang bagus dan kemudian cuci hingga bersih. Daun landik yang telah disiapkan tersebut selanjutnya direbus hingga mendidih beberapa saat. Air rebusan itulah yang harus kita ambil untuk dikonsumsi layaknya minum air putih.

Hal yang butuh diperhatikan adalah bahwa tumbuhan obat bernama landik ini sama sekali tak disarankan dikonsumsi oleh kaum perempuan yang sedang dalam masa kehamilan.

Sumber Rujukan:
[1] Landik Obat Luka, Koran cetak Minggu Pagi 7 Juni 2015. Diakses pada 7 Juni 2015
[2] Gambar ilustrasi, sehatalami.besaba.com Diakses pada 7 Juni 2015
[3] http://ensiklo.com/2015/06/07/landik-tanaman-yang-memiliki-manfaat-untuk-obat-luka/

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat Gema Herbal Medika

Site Meter

Pengunjung

free counters

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP