Sunday, January 27, 2013

Kembang Pukul Empat, bunga berkhasiat obat

Banyak yang hanya mengenalinya sebagai bunga hiasan. Meskipun tidak terlalu mewah, tapi Kembang Pukul Empat terlihat menarik dengan warna-warna segarnya.

Nama populernya Kembang Pukul Empat. Tapi di beberapa daerah ia memiliki nama yang berbeda, seperti di Sumatra ia dinamakan Kembang Pagi sore dan Bunga Waktu Kecil, di Jawa juga disebut Kederat, Tegerat, Segerat, di Maluku dipanggil Kupa Oras dan Cako Raha, di Sulawesi dikenal juga dengan nama Bunga-bunga Paranggi, Bunga-bunga Parengki, Pukul Ampa, Turaga, Bodoko Sina, Bunga Tete Apa. Di Cina ia dipanggil Zi Mo li. Tanaman ini terkenal untuk mengobati jerawat. Dan tak hanya itu, bisul dan kencing manis, keputihan dan payudara bengkak, juga dapat di sembuhkan dengan tanaman ini.

Resep:

1. Lumatkan tanaman segar untuk pemakaian luar atau rebus dengan air secukupnya untuk cuci.
Khasiat: mengatasi pembengkakan payudara (acute mastitis), bisul, koreng, luka terpukul.

2. Akar segar direbus, minum. Bila badan panas, ditambah tahu, bila badan dingin ditambah kaki sapi. Atau rebus bunga putih sebanyak 120 gr.
Khasiat: mengatasi artritis akut.

3. Daun Kembang Pukul Empat dilayukan di atas api, kemudian dioleskan sedikit minyak kelapa, tengahnya dilubangi.
Khasiat: menyembuhkan bisul. Letakkan bunga yang sudah dipanaskan diatas bisul yang sebelumnya sudah diolesi minyak kemiri.

4. Ambil 10 lembar daun Kembang Pukul Empat dicuci kemudian dilumatkan. Tambahkan air garam secukupnya, ditempelkan pada bisul dan sekelilingnya, lalu balut.
Khasiat: mengatasi bisul.

5. Akar segar dibuang kulitnya, kemudian dilumatkan dan ditambah gula enau. Tempelkan pada bisulnya, sehari diganti dua kali.
Khasiat: mengatasi bisul.

6. Ambil segenggam buah Kembang Pukul Empat, ambil tepungnya. Tambahkan air dan buatlah masker.
Khasiat: mengatasi jerawat.

Perempuan hamil dilarang minum resep ini. Untuk merebus, dianjurkan tidak menggunakan bahan dari besi (panci, sendok, dan lainnya)

Sumber :
http://tanamanobatku.wordpress.com/2011/01/21/bunga-pukul-empat-bunga-berkhasiat-obat/

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat Gema Herbal Medika

Site Meter

Pengunjung

free counters

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP