Saturday, March 2, 2013

Khasiat Buah Pepaya

Setelah sebelumnya kita membahas Khasiat Buah Manggis, Sekarang Gilirannya Buah pepaya atau nama latinnya Carica Papaya adalah salah satu buah yang berdaging manis dan terasa lembut di mulut.

Masyarakat Australia menyebut buah ini dengan panggilan Paw Paw. Di Indonesia sendiri pepaya lah panggilannya. Buah ini sangat terkenal sebagai tanaman obat, tapi kebanyakan orang mengenal khasiat buah pepaya hanya untuk mengatasi masalah buang air besar saja. Tetapi sebenarnya khasiat buah pepaya sangatlah banyak.

Asal usul buah pepaya sendiri masih belum diketahui secara pasti. Banyak yang menyebutkan buah ini berasal dari Indonesia , ada juga yang menyebutkan buah ini pertama kali dibudidayakan di meksiko. Dapat dipastikan buah pepaya sekarang tersebar luas di semua Negara beriklim tropis, karena iklim ini sangat ideal untuk pertumbuhan buah pepaya yang membutuhkan iklim yang hangat dan lembab.

Buah pepaya memiliki banyak kandungan yang memberikan khasiat buah pepaya yang dapat membantu kesehatan tubuh kita. Kandungan-kandungan dalam buah pepaya seperti karbohidrat, berbagai vitamin dan juga mineral yang sangat penting. Buah pepaya juga kaya akan antioksidan. Di antara vitamin dalam buah pepaya terdapat kandungan kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, riboflavin, niasin dan tiamin.

Dengan kandungan-kandungan yang dimiliki oleh buah pepaya yang sangat banyak, tentu saja kita akan mendapatkan khasiat buah pepaya dalam jumlah banyak pula. Dan berikut adalah khasiat buah pepaya yang sangat baik untuk tubuh kita:

1. Khasiat buah pepaya dapat mempercepat proses pencernaan, ini karena buah pepaya mengandung enzim papain. Enzim ini sangat aktif untuk mempercepat proses pencernaan protein. Dalam mencerna protein biasanya menjadi masalah utama yang dihadapi banyak orang, karena tubuh mempunyai keterbatasan untuk mencerna protein yang disebabkan oleh kurangnya pengeluaran asam hidroklorat di dalam lambung.

2. Khasiat buah pepaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh, ini karena buah pepaya mengandung vitamin A dan C. kandungan vitamin inilah yang membantu agar tubuh kita kebal dari penyakit.

3. Khasiat buah pepaya dapat menjaga kesehatan kulit serta wajah, ini karena buah pepaya mengandung vitamin E, vitamin ini sangat baik untuk kesehatan kulit dan wajah.

4. Khasiat buah pepaya dapat mengatasi infeksi usus besar, ini karena buah pepaya mengandung folat, vitamin C, beta-karoten dan vitamin E. kandungan-kandungan inilah yang dapat membantu mengurangi resiko terkena kanker usus besar.

5. Khasiat buah pepaya dapat membantu mengurangi resiko terkena penyakit mata, salah satu penyakit mata adalah degenerasi macula ini adalah penyakit yang berhubungan dengan usia. Penyakit ini adalah penyebab utama hilangnya penglihatan pada orang dewasa yang lanjut usia. Menurut penelitian, mengkonsumsi pepaya dapat membantu mengurangi resiko penyakit mata ini.

6. Khaisat buah pepaya dapat membantu mengatasi masalah disfungsi ereksi, ini karena buah pepaya mengandung enzim L-arginin. Enzim ini meningkatkan kemampuan tubuh untuk memproduksi oksida nitrat, suatu bahan kimia yang dilepaskan dalam tubuh sebagai respon terhadap rangsangan seksual. Zat kimia ini juga bekerja untuk melemaskan otot-otot penis dan melebarkan pembuluh darah di penis, sehingga hal ini meningkatkan sirkulasi darah dan menyebabkan ereksi.

7. Khasiat buah pepaya dapat mencegah penyakit stroke. Salah satu penyebab utama penyakit stroke adalah oksidasi kolesterol. Karena apabila kolesterol mulai teroksidasi, di dinding pembuluh darah dalam tubuh mulai terakumulasi. Akumulasi ini membentuk plak yang dapat memotong suplai darah ke otak dan mengakibatkan penyakit stroke. Tapi pepaya kaya akan antioksidan, dan ini memberikan khasiat buah pepaya untuk menjaga kolesterol agar tidak teroksidasi.

Selain yang disebutkan di atas, dalam tunas pepaya juga mengandung polifenol yang memiliki sifat antioksidan yang tinggi dan ini memberikan khasiat buah pepaya untuk memperlambat penuaan sel, memerangi radikial bebas dan anti tumor. Dilihat dari kandungan karbohidrat, garam-garam mineral dan vitamin yang terdapat dalam buah pepaya sangat tinggi, ini semua bisa menjadi asupan bubur yang direkomendasikan untuk kasus stress.

Khasiat buah pepaya yang paling menarik adalah enzim antioksidan yang terkandung dalam buah pepaya yang telah di fermentasi. Enzim antioksidan ini disempurnakan oleh proses fermentasi. Fungsi dari enzim ini adalah memerangi radikal bebas yang berbahaya untuk tubuh kita dan mengurangi degenerasi sel yang disebabkan oleh bertambahnya usia atau penyakit tertentu seperti Parkinson atau Alzheimer.

Khasiat Buah Pepaya
Kandungan serat dalam buah pepaya yang di fermentasi sangatlah tinggi, dan ini sangat membantu untuk menurunkan berat badan dan situasi yang memerlukan energi dengan asupan kalori yang rendah.
Dan itulah tadi cerita tentang khasiat buah pepaya.
Dari sini mungkin kita semakin mengenali ternyata buah pepaya memliki banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Jadi tidak ada salahnya kita mengkonsumsi buah pepaya setiap hari agar kita mendapatkan khasiat buah pepaya yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Baca juga Artikel kami selanjutnyan tentang Khasiat Buah Pir, dan Terimakasih telah membaca Artikel Kesehatan kami tentang Khasiat Buah Pepaya

Sumber :
http://www.berkhasiat.com/2012/10/khasiat-buah-pepaya.html

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat Gema Herbal Medika

Site Meter

Pengunjung

free counters

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP