Friday, May 24, 2013

Daun Patikan Kerbau Melawan Kanker

Daun patikan kerbau berkhasiat melawan/mengobati kanker, berbentuk bulat memanjang dengan taji-taji. Letak daun yang satu dengan yang lain berhadap-hadapan. Patikan kerbau yang punya nama latin Euphorbia hirta L. termasuk dalam familia tumbuhan euphorbiaceae. Herbal ini biasa ditemukan di kebun, pinggir sawah, lapangan bahkan pekarangan rumah.

Patikan kerbau mempunyai sifat anti inflamasi (antiradang), diuretic (peluruh kencing) dan anti pruritic (menghilangkan gatal). Patikan kerbau mengandung beberapa unsur kimia, diantaranya : alkaloida, tanin, senyawa folifenol (seperti asam gallat), flavonoid quersitrin, ksanthorhamnin, asam-asam organik palmitat oleat dan asam lanolat. Di samping itu, patikan kerbau juga mengandung senyawa terpenoid eufosterol, tarakserol dan tarakseron serta kautshuk.

Berdasarkan catatan hasil penelitian dan pengalaman di berbagai daerah dan negara, tanaman ini dapat mengobati disentri, melancarkan kencing, mengobati abses paru, bronkitis kronis, abses payudara, typus abdominalis, radang ginjal, radang tenggorokan, asma dan radang kelenjar susu atau payudara bengkak.

Sumber : gayahidupsehat.net

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat Gema Herbal Medika

Site Meter

Pengunjung

free counters

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP