Thursday, July 25, 2013

Khasiat Daun Tempuyung

Tempuyung (Sonchus arvensis) adalah tanaman menahun dengan tinggi 0,6 - 2 meter. Tanaman tempuyung memiliki dua jenis, yaitu tempuyung berukuran kecil disebut dengan lempung, sedangkan untuk yang berukuran besar disebut dengan rayana. Batang tempuyung berbentuk bulat, berongga, berusuk, dan bergetah, daunnya berbentuk lonjong dan tunggal panjangnya mencapai 6-48 cm dan lebar 3-12 cm. Rasa daun tempuyung sangat pahit, bunganya merupakan bunga majemuk berbentuk bonggolan yang bertangkai panjang dan berukuran mungil, warna bunganya kuning cerah dan akan berubah warna merah kecoklatan, sedangkan buahnya bertekstur keras, pipih, dan berwarna coklat kekuning-kuningan, akarnya akar tunggang yang kokoh.

Secara kimia tanaman tempuyung mengandung alfa-laktuserol, beta-laktoserol, manitol, inositol, silika, kalium, flavonoid dan taraksa-sterol. Sedangkan kandungan utama daunnya adalah ion-ion mineral (silika, kalium, magnesium, dan netrium) dan senyawa organik (flavonoid, kumarin, taraksasterol, inositol, dan asam fenolat) sementara kandungan utama akarnya adalah senyawa flavonoid (apigenin 7-0 glukosida).

Khasiat daun tempuyung sangat banyak sekali, untuk mengobati berbagai jenis penyakit, dan berikut ini adalah beberapa khasiat daun tempuyung yang sangat terkenal.

1. Penyakit saluran kencing
Ambil daun tempuyung yang masih segar
Cuci sampai bersih
Panggang daun tempuyung tersebut dibara api sebentar saja, (sampai sedikit layu)
Jadikan daun tempuyung tersebut sebagai lalapan, lauk nasi.

2. Kencing batu
Ambil 150 mg daun tempuyung yang sudah kering
Cuci sampai bersih
Rebus ramuan tersebut dengan volume air 250 cc sampai mendidih
Minum air ramuan tersebut tiga kali sehari sampai penyakit sembuh.

3. Bisul
Ambil batang dan daun tempuyung
Cuci sampai bersih
Tumbuk sampai halus kedua ramuan tersebut
Peras ambil airnya
Oleskan pada bagin yang bisul air dan perasan ramuan tersebut.

Khasiat daun tempuyung yang lainnya
Rebus 15-60 gram daun tempuyung segar diyakini mampu untuk mengobati penyakit seperti infeksi usus buntu, disentri dan wasir.

Demikianlah pembahasan kali ini tentang khasiat daun tempuyung yang bagus untuk kesehatan, mudah-mudahan dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dalam bidang kesehatan misteri tempuyung akan semakin terbuka lagi.

Sumber:
http://khasiatdaunalami.blogspot.com/2012/10/khasiat-daun-tempuyung.html

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat Gema Herbal Medika

Site Meter

Pengunjung

free counters

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP