Thursday, November 21, 2013

Akar manis bisa bantu atasi diabetes

Sebuah penelitian Jerman menemukan bahwa akar manis mungkin mengandung zat anti-diabetes.Selain memiliki zat anti radang, zat yang bernama amortfrutins dalam makanan ini juga bisa menurunkan tingkat gula darah pada tikus.

Lebih jauh lagi, penelitian ini menemukan bahwa zat tersebut membantu tikus untuk mengurangi lemak pada liver dan memberikan pertahanan terhadap insulin. Ilmuwan juga menyarankan bahwa akar manis dapat digunakan untuk perawatan gangguan metabolis yang kompleks.

Dalam penelitian ini, amorfrutins bekerja dengan mengaktifkan gen yang mengurangi konsentrasi plasma pada asam lemak dan glukosa. Pengurangan kadar glukosa ini nantinya akan mencegah pertumbuhan resistensi insulin.

Namun, jangan buru-buru mengonsumsi akar manis yang berbentuk gula atau teh. Karena menurut pendapat peneliti, kadar amorfrutins pada pemanis dan teh sangat rendah.

Seperti dilansir oleh NY Daily News, penelitian lainnya yang dimuat dalam Journal of Natural Products juga menemukan bahwa akar manis dapat membunuh bakteri yang dapat mengakibatkan kerusakan gigi dan radang gusi.

Sejak dulu akar manis sudah sering digunakan dalam obat tradisional Cina untuk mengatasi hampir semua penyakit yang berhubungan dengan masalah pencernaan dan pernafasan. Walaupun begitu, ada baiknya konsumsi akar manis pada orang berusia di atas 40 dikurangi, karena bisa menyebabkan detak jantung tidak teratur dan arrhythmia.

Sumber :
http://www.merdeka.com/sehat/akar-manis-bisa-bantu-atasi-diabetes.html

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat Gema Herbal Medika

Site Meter

Pengunjung

free counters

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP