Thursday, November 28, 2013

Khasiat Lalapan Sambung Nyawa

Dilihat dari namanya, tanaman yang satu ini membuat banyak orang penasaran. Kata “sambung nyawa” berarti bisa menyambung nyawa seseorang. Benarkah begitu? Entahlah, karena belum ada literatur resmi yang secara valid menjelaskan mengapa tanaman yang memiliki nama latin Gynura procumbens back ini kemudian disebut tanaman Sambung nyawa.

Tanaman ini memang sudah sejak dulu digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Berbagai pengakuan muncul terkait dengan khasiat yang dapat diperoleh dari tanaman yang satu ini.

Bahkan, sudah lama industri nasional hendak menjadikan tanaman Sambung nyawa ini untuk diproduksi secara massal dalam kemasan sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh banyak orang, disamping juga mendatangkan keuntungan bisnis.

Mereka yang mengonsumsi Sambung nyawa biasanya memanfaatkannya untuk mengobati penyakit seperti hipertensi, kolesterol tinggi sampai penyakit maag.

Kalangan masyaraskat banyak yang menggunakan tanaman Sambung nyawa ini sebagai lalapan karena selain berkhasiat, rasanya juga enak.

Seperti sayuran lainnya, lalapan Sambung nyawa juga enak disantap dengan sambal atau dibuat urap, salah satu makanan tradisional yang sangat populer.

Cukup dengan mengambil daun Sambung nyawa kemudian dicuci sampai bersih dan setelah itu bisa langsung dimakan. Cara instan tersebut ternyata cukup ampuh dalam hal menanggulangi penyakit maag tanpa harus menggunakan obat warung.

Tanaman Sambung nyawa juga bisa digunakan untuk mengobati luka sengatan lebah karena di dalamnya mengandung zat tertentu yang dapat meminimalisir timbulnya bengkak.

Di dalam tanaman ini mengandung berbagai zat berguna seperti saponin, flavonoid, dan alkaloid yang dapat menurunkan tekanan darah di dalam tubuh.

Hal ini diamini oleh kalangan ilmuwan setelah dilakukannya pembuktian dengan berbagai penelitian yang mereka lakukan. Penelitian terkait khasiat Sambung nyawa ini bukan hanya dilakukan di dalam negeri, namun juga di luar negeri seperti Korea Selatan, Malaysia, dan Singapura.

Beberapa penelitian telah dilakukan, misalnya oleh Hee Jae Lee dari Kyung Hee University, asal Korea Selatan. Penelitian tersebut dilakukan pada hewan tikus jantan.

Daun Sambung nyawa diberikan pada tikus-tikus tersebut dengan komposisi 500 mg per kg. Hasil yang diperoleh ialah terjadinya penurunan tekanan darah secara signifikan, namun tidak ditemui adanya toksin.

Hasil penelitian tersebut kemudian dijadikan sebagai dasar oleh beberapa produsen untuk mengolahnya menjadi obat tradisional, dan bahkan dalam bentuk suplemen makanan.

Namun demikian, sebaiknya Anda sebagai konsumen tetap berhati-hati ketika akan mengonsumsi suplemen makanan berbahan dasar Sambung nyawa karena biasanya sudah dicampur dengan berbagai bahan kimia yang membahayakan tubuh apabila dikonsumsi secara permanen.

Tetap perhatikan ada tidaknya kandungan bahan kimia dalam suplemen yang berbahan dasar Sambung nyawa tersebut. Beberapa khasiat daun Sambung nyawa yang telah terbukti ialah sebagai berikut.

Meredakan Hipertensi

Jika Anda menderita hipertensi, gunakanlah Sambung nyawa untuk menurunkan tekanan darah. Anda tinggal memakannya langsung seperti lalapan lainnya karena rasanya enak dan berkhasiat.

Daun Sambung nyawa juga bisa dibuat jus, ditumis atau dikukus tergantung selera Anda. Namun, jika dikukus, jangan sampai kelamaan karena dikhawatirkan kandungan zat berkhasiatnya akan hilang.

Penawar Rasa Sakit

Untuk mengobati rasa sakit yang “ser-seran” akibat gigitan serangga atau lebah, Anda cukup menumbuknya sampai halus kemudian tambahkanlah sedikit air ke dalam tumbukan tersebut.

Lalu, balurkanlah tumbukan tersebut pada luka bekas gigitan serangga atau lebah. Maka, dalam waktu singkat, bekas luka dan rasa sakitnya akan menghilang.

Sumber :
http://www.deherba.com/khasiat-lalapan-sambung-nyawa.html

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat Gema Herbal Medika

Site Meter

Pengunjung

free counters

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP