Sunday, January 19, 2014

Khasiat dan Manfaat Daun Jinten

Daun jinten merupakan tanaman yang banyak digunakan sebagai tanaman hias. Pada berbagai daerah tanaman ini disebut juga dengan nama daun hati – hati, daun kucing, tramun, acerang, iwak, mahja nerang dan lain – lain. Tumbuhan ini memiliki rasa yang getir, berbau harum, dan membuat tebal di lidah.

Kandungan Kimia
Daun jinten memiliki berbagai kandungan kimia yang banyak, diantaranya kalium, minyak atsiri dengan kandungan karvakrol, isoprofil dan fenol.

Khasiat dan Manfaat Daun Jinten
Sebagai peluruh angin
Menurunkan panas
Melancarkan ASI
Mengurangi rasa sakit
Menyegarkan badan
Sebagai pengharum badan
Sebagai antisptik

Pengobatan Dengan Daun Jinten
Mengobati sariawan.
Dengan mengnyah beberapa lembar daun jinten, ambil cairannya dan buang ampasnya. Demam. Gunakan 7 lembar daun jintan segar, haluskan kemudian peras dan disaring. Minum airnya sedangkan ampasnya dapat juga digunakan untuk menggosok badan.
Asma dan batuk.
Gunakan 10 lembar daun jinten segar, cuci kemudian bilas menggunakan air matang, haluskan kemudian peras dan saring. Minum airnya dan tambahkan dengan minyak wijen.
Sakit kepala.
Gunakan daun jinten yang masih segar cuci bersih kemudian memarkan daun tersebut. Gunakan dengan menempelkan pada kepala dan pelipis.
Perut kembung.
Gunakan sebanyak 5 lembar daun jinten, bersihkan dan tumbuk halus, seduh menggunakan ¾ cangkir air panas. Kemudian saring, minum selagi hangat.
Rematik. Gunakan sebanyak 10 lembar daun jinten segar, bersihkan kemudian giling halus, tambahkan dengan air kapur sirih secukupnya dan remas hingga rata. Gosokkan ramuan tersebut pada bagian yang terasa sakit.
Memperbanyak ASI.
Daun jinten dimasak bersama sop ayam.

Sumber:infogue.com

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat Gema Herbal Medika

Site Meter

Pengunjung

free counters

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP