Friday, November 7, 2014

Bunga Wijayakusuma dan Khasiatnya

Bunga Wijayakusuma atau Epiphyllum anguliger termasuk jenis kaktus, divisi anthophita, bangsa opuntiales, dan kelas dicotiledoneae. Bunga ini berasal dari hutan tropis di Amerika Serikat.

Saat ini bunga wijayakusuma sudah menyebar luas sampai Asia Tenggara. Konon yang dapat menyaksikan proses mekarnya bunga wijayakusuma pada tengah malam akan memperoleh rizki yang banyak dan lancar.

Bunga yang dipercaya berasal dari Meksiko Selatan ini mempunyai sekitar 1500 jenias (famili) kaktus. Kaktus hanya dapat hidup subur di daerah sedang sampai tropis. Sifat demikian juga terdapat pada bunga wijayakusuma. Bunga itu hanya merekah beberapa saat, bahkan tidak semua tanaman wijayakusuma ini dapat berbunga dengan mudah. Sebab, itu tergantung pada iklim, kesuburan tanah dan cara pemeliharaan.

Pada umumnya, tanaman jenis kaktus sukar ditentukan morfologinya, tetapi wijayakusuma dapat dilihat bagian daun dan batangnya secara jelas setelah tanaman ini berumur tua. Batang pohon wijayakusuma sebenarnya terbentuk dari helaian daun yang mengeras dan mengecil. Helaian daunnya pipih dan berwarna hijau dengan permukaan daun halus tidak berduri, yang berbeda dengan kaktus pada umumnya.

Pada setiap tepian daun wijayakusuma terdapat lekukan-lekukan yang ditumbuhi tunas daun atau bunga. Wijayakusuma bisa tumbuh dengan baik di tempat yang tidak terlalu panas.

Tanaman wijayakusuma ini tumbuh tegak dan memiliki tinggi sampai 2 s.d. 3 meter. Batang induk berbentuk silinder, yang berasal dari tangkau daun yang mengeras dan mengecil. Daunnya pipih, tebal berdaging, bentuknya lanset, tulang daun di tengah keras dan tebal, tepi berlekuk (tempat keluarnya bunga atau tunas baru), permukaan licin dan berwarna hijau.

Bunganya keluar dari lekuk daun, bertangkai lemas dengan panjang sekitar 13 s.d. 15 cm, diameter bunga sekitar 10 cm, warnanya putih, mekar pada malam hari selama beberapa jam saja, kemudian menjadi layu.

Wijayakusuma memiliki buah yang bulat, bergetah, dan berwarna merah. Tanaman tersebut juga berbiji banyak dan berwarna hitam.

Tanaman wijayakusuma memiliki daya ampuh untuk meredam rasa sakit dan menetralisir pembekuan darah. Tanaman ini memiliki daya yang dapat mempercepat masaknya luka abses.

Khasiat Wijayakusuma untuk TB Paru dengan Batuk dan Dahak Berdarah
1. Rebuslah bunga wijayakusuma segar sebanyak 3 s.d. 5 kuntum dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas.
2. Tambahkan gula aren sebanyak 15 gram
3. Setelah dingin, saring dan minumlah airnya sehari 2 kali, masing-masing 1/2 gelas
4. Konsumsi ramuan ini setiap hari sampai sembuh

Khasiat Wijayakusuma untuk Sesak Nafas
1. Cucilah bunga wijayakusuma segar sebanyak 3 s.d. 5kuntum, lalu potong-potonglah seperlunya
2. Masukkan ke dalam mangkuk, kmeudian tambahkan gula batu dan air sampai permukaannya terendam seluruhnya, lalu tim
3. Setelah dingin, saringlah dan minum airnya sehari 2 kali, masing-masing 1/2 gelas

Khasiat Wijayakusuma untuk Luka
1. Ambilah 1 helai daun wijayakusuma
2. Tumbuklah sampai halus
3. Oleskan hasil tumbukan itu pada luka, kemudian dibalut perban

Khasiat Wijayakusuma untuk Pendarahan Rahim
1. Bersihkan bunga wijayakusuma segar 2 s.d. 3 kuntum dan daging tanpa lemak sebanyak 50 gram, lalu potonglah seperlunya
2. Masukkan ke dalam mangkuk, kemudian tambahkan air sampai semua bahan terendam, lalu tim
3. Setelah dingin, minumlah airnya, sedangkan isinya dimakan
4. Lakukan ini sehari 2 kali, masing-masing 1/2 gelas.

Sumber:
http://indonesiadalamtulisan.blogspot.com/2012/12/gambar-bunga-wijayakusuma.html

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat Gema Herbal Medika

Site Meter

Pengunjung

free counters

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP