Thursday, January 22, 2015

Manfaat Daun Gandarusa Yang Menakjubkan

Gandarusa merupakan famili dari tumbuhan Acanthaceae serta memiliki nama latin Gendarussa vulgaris Nees. Nama gandarusa disetiap daerah berbeda beda seperti di Sunda (Handarusa), Jawa (Tetean, Trus atau Gandarusa), Aceh (Besi-besi), Bima (Gandarisa), Ternate (Puli). Gandarusa memiliki sifat netral, rasanya pedas dan sedikit asam, anti reumatik dan dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Kandungan zat kimia dalam daun gandarusa antara lain kalium, minyak atsiri, justicin dan alkaloid (agak beracun). Manfaat daun gandarusa bagi kesehatan mengobati reumatik, obat bisul, obat memar, obat patah tulang, obat penurun panas.

Gandarusa banyak tersebar di Indonesia. Tanaman ini merupakan famili dari tumbuhan Acanthaceae serta memiliki nama latin Gendarussa vulgaris Nees. Nama gandarusa disetiap daerah berbeda beda seperti di Sunda (Handarusa), Jawa (Tetean, Trus atau Gandarusa), Aceh (Besi-besi), Bima (Gandarisa), Ternate (Puli). Gandarusa memiliki sifat netral, rasanya pedas dan sedikit asam, anti reumatik dan dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Kandungan zat kimia dalam daun gandarusa antara lain kalium, minyak atsiri, justicin dan alkaloid (agak beracun). Gandarusa sudah banyak dimanfaatkan bagi kesehatan. Hal itu sudah teruji dan dibuktikan. Jika kita bisa dan tahu cara memanfaatkannya maka kita pun bisa menjadikan tanaman ini sebagai tanaman herbal alami. Tanaman gandarusa ini bisa dimanfaatkan sebagai obat luar maupun obat dalam tergandung jenis penyakit dan cara memanfaatkannya. Jika kita sudah bisa dan tahu cara memanfaatkan tanaman gandarusa ini, maka kita tidak perlu repot repot pergi ke dokter dan mengeluarkan biaya yang mahal. Cukup dengan biaya yang murah ataupun tanpa biaya dan dilakukan di rumah.

Berikut Manfaat Daun Gandarusa Bagi Kesehatan

1. Obat Reumatik
Siapkan 30 gram daun gandarusa yang sudah dicuci bersih. Rebus daun gandarusa tersebut dengan air secukupnya. Biarkan sampai benar benar mendidih lalu angkat dan saring. Minumlah ramuan tersebut secara teratur. Sementara untuk pemakaian luar cukup dengan melumatkan beberapa lembar daun gandarusa lalu tempelkan pada bagian yang sakit.

2. Mengobati Patah Tulang
Siapkan segenggam daun gandarusa segar dan cuci bersih. Lumatkan daun gandarusa tersebut sampai benar benar halus. Kemudian tambahkan cuka secukupnya dan aduk rata. Tempelkan pada tulang yang patah dengan catatan tulang yang patah sudah dalam kondisi yang benar seperti semula.

3. Mengobati Bisul
Daun gandarusa yang sudah dicuci bersih sebanyak 20 gram dilumatkan sampai halus. Lalu tambahkan cuka secukupnya dan aduk hingga merata. Tempelkan ramuan tersebut pada bagian tubuh yang terkena bisul.

4. Mengobati Memar
Ambil daun gandarusa yang masih segar. Kemudian oleskan minyak sampai merata dan layukan daun gandarusa tersebut diatas api. Setelah layu tempelkan pada bagian tubuh yang memar. Atau bisa juga dengan cara seperti berikut yaitu siapkan 20 gram daun gandarusa lalu direbus menggunakan air secukupnya. Setelah benar benar mendidih angkat dan saring. Minumlah ramuan tersebut dan lakukan beberapa kali.

Selain itu juga, daun gandarusa bermanfaat untuk :
- Obat Penurun Panas
- Mengobati Sakit Kepala
- Obat Sakit Mata
- Obat Telinga
- Mengatasi Kelumpuhan Otot Wajah
- Perangsang Muntah
- Obat Borok
- Melancarkan Peredaran Darah

Ternyata manfaat daun gandarusa sangat banyak dan bervareatif. Namun perlu diperhatikan bagi ibu hamil tidak diperbolehkan memakai atau mengonsumsi tanaman gandarusa ini. Karena bisa berefek tidak baik. Untuk lebih baiknya sebelum memanfaatkan daun gandarusa ini alangkah baiknya jika berkonsultasi ke dokter atau di bawah pengawasan yang sudah berpengalaman. Itulah artikel yang bisa saya bagikan tentang Manfaat Daun Gandarusa bagi kesehatan. Selain artikel diatas kunjungi juga artikel lainnya yang tak kalah bermanfaat tentang Manfaat Daun Sirih dan Manfaat Daun Sirsak bagi kesehatan. Selamat mencoba dan semoga apa yang saya bagikan bermanfaat.

Sumber :
http://manfaatdaunku.blogspot.com/2014/09/manfaat-daun-gandarusa-yang-menakjubkan.html

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat Gema Herbal Medika

Site Meter

Pengunjung

free counters

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP