Tuesday, February 3, 2015

4 Manfaat Buah Kolang Kaling bagi Kesehatan

Tahukah anda ternyata kolang-kaling yang sering kita konsumsi saat berbuka puasa ternyata mengadung banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Mungkin selama ini kita hanya mengetahui bahwa kolang-kaling itu enak dijadikan campuran cendol, manisan atau minuman saat berbuka puasa.

Buah yang selalu hadir di meja makan saat menjelang buka puasa ini merupakan hasil dari pohon aren. Buah kolang-kaling ternyata mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Buah ini sangat mudah kita jumpai di pasar-pasar saat ramadan. Setidaknya ada 4 Manfaat Buah Kolang Kaling bagi Kesehatan yang harus kita ketahui.

Memperlancar pencernaan
Kolang-kaling mengandung serat kasar yang bagus untuk memperlancar proses pencernaan, selain dari itu kandungan karbohidrat yang terdapat di dalamnya juga dapat memberikan rasa kenyang dan memberikan energi, sehingga kolang-kaling sangat cocok untuk dikonsumsi bagi kita yang lagi menjalankan proses program diet sehat.

Obat radang sendi
Kolang-kaling mengandung galaktomanannan, dan ini sering dijadikan sebagai salah satu bahan obat radang sendi, galaktomannan ini mempunyai fungsi meredakan sakit yang disebabkan oleh peradangan pada sendi. Saat anda mengalami radang sendi, konsumsilah kolang-kaling sebanyak 100-200 gram sehari yang hanya direbus, tanpa pewarna dan gula.

Mencegah osteoporosis
Kolang-kaling juga mengandung kalsium, dalam 100 gram kolang-kaling mangandung kalsium hingga 91 miligram, kandungan ini tentu cukup tinggi dan dapat digunakan untuk membantu memenuhi kebutuhan kalsium tubuh, dan sangat cocok dikonsumsi bagi yang alergi terhadap susu.

Obat gatal-gatal
Selain buahnya yang sudah diproses getah kolang-kaling juga memiliki khasiat sebagai obat gatal-gatal, membalurkan getah, kolang-kaling sebelum dibakar saat proses pembuat sangat ampuh mengobati gatal-gatal yang sedang anda derita.

Sumber:
http://manfaatbuahkesehatan.blogspot.com/

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat Gema Herbal Medika

Site Meter

Pengunjung

free counters

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP