Thursday, July 23, 2015

Ini Dia Manfaat Ampuh Daun Gedi Bagi Kesehatan

Daun gedi adalah jenis tanaman yang biasa disebut sebagai sayuran yondok, yang banyak tumbuh di daerah Indonesia Timur khususnya di Manado. Daun gedi juga dapat digunakan sebagai sayuran tambahan dalam bubur manado yang sangat terkenal. Tanaman daun gedi ini memiliki nama latin Hibiscus manihot L sinonimnya Abelmoschus manihot. Daun tanaman ini memiliki ciri-ciri mirip seperti daun pepaya, hanya saja ini lebih lembut permukaannya.

Tidak hanya enak untuk dijadikan makanan, daun gedi juga bisa digunakan sebagai sarana pengobatan. Penelitian menunjukan, manfaat daun gedi untuk kesehatan sangatlah banyak. Salah satu manfaatnya adalah sebagai suplai antioksidan untuk melawan radikal bebas.

Daun gedi mengandung banyak senyawa flavonoid yang salah satu khasiatnya adalah untuk menurunkan resiko penyakit kardiovaskular seperti jantung. Karena itu, bagi orang yang menderita penyakit seprti kolesterol, sakit jantung serta tekanan darah tinggi disarankan untuk mengkonsumsi daun gedi sebagai cara alami mencegah penyakit tersebut.

Berikut adalah beberapa khasiat yang mampu dilawan oleh tanaman daun gedi dalam membantu kesehatan tubuh, yaitu :

1. Mengobati Maag
Kandungan yang dimiliki pada bunga dan daun gedi yang bermanfaat untuk melindungi lapisan dinding lambung sehingga mengurangi resiko iritasi yang diakibatkan bakteri atau makanan yang memiliki pengaruh buruk pada lambung anda. Maka dianjurkan untuk mengkonsumsi daun gedi secara rutin.

2. Mengobati Jantung
Daun gedi memiliki kandungan senyawa flavonoid yang berkhasiat untuk menurunkan resiko penyakit kardiovaskular seperti jantung, maka sebaiknya konsumsi lah daun gedi sebagai pencegahan. Daun Gedi juga memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga mampu mengikat kolesterol dan lemak untuk dikeluarkan dari tubuh. Daun gedi juga termasuk dalam sayuran yang memiliki manfaat sebagai obat pelangsing dan membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan tekanan darah tinggi alias hipertensi.

3. Mengobati Osteoporosis
Daun gedi sangat mampu dalam mencegah osteoporosis, karena gangguan osteoporosis biasanya dialami wanita pasca menopause, akibat menurunnya kadar hormon estrogen. Maka konsumsilah daun gedi secara rutin untuk masa pencegahan penyakit esteoporosis.

4. Mengobati Diabetes, Ginjal, Kejang dan Depresi
Daun gedi memiliki kandungan flavonoid, yang mampu mengatasi kejang akibat epilepsi, sebagai obat anti depresi dan melindungi saraf otak. Karena kandungan flavonoid inilah, ekstrak bunga gedi banyak digunakan untuk mengobati diabetes dan gangguan ginjal.

Sumber:
http://www.jitunews.com/read/7482/ini-dia-manfaat-ampuh-daun-gedi-bagi-kesehatan

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat Gema Herbal Medika

Site Meter

Pengunjung

free counters

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP