Wednesday, February 13, 2013

Manfaat dan Khasiat Kacang Hitam

Manfaat Kacang Hitam untuk mencegah Kanker dan Penuaan Dini, saat ini Kacang Hitam menjadi nutrisi baru karena sejumlah nutrisi penting yang terdapat dikandungannya, diantaranya adalah Superfood ini mengandung antioksidan yang jauh lebih banyak dibandingkan jenis kacang lain.

Manfaat Kacang Hitam dan Kandungan Kacang Hitam
Seperti jenis kacang-kacangan lainnya, kacang hitam juga mengandung protein, serat, zat seng dan juga tembaga. Kandungan nutrisi yang lebih banyak termasuk juga antioksidan membuat kacang hitam ini menjadi bintang nutrisi baru yang digemari orang. Berikut ini beberapa kandungan nutrisi penting pada kacang hitam.

Oksidan Tinggi
Pada tahun 2003, dilakukan sebuah penelitian terhadap 12 jenis kacang. Hasilnya, kacang hitam lebih tinggi kandungan antioksidannya dibandingkan 11 kacang lain. Peneliti juga menyatakan, jika semakin gelap warna kacang, semakin tinggi juga kandungan flavonoidnya. Kacang hitam mengandung anthocyanins tinggi, yang membuatnya berwarna lebih gelap dan mempengaruhi tingginya antioksidan.

Makan makanan yang tinggi kandungan antioksidannya mampu melindungi tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas tersebut bisa merusak sel-sel dalam tubuh, dan memunculkan resiko penyakit kronis, seperti alzheimer, kanker, jantung, masalah pada sistem kekebalan tubuh, diabetes, juga kelainan pada mata.

Flavonoid
Disamping mampu melindungi tubuh dari resiko penyakit kronis, senyawa flavonoid pada kacang hitam juga baik buat kecantikan. Nutrisinya bisa mengatasi kerutan halus pada kulit wajah. Kacang hitam mampu mencegah tanda-tanda penuaan dini yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari. Ketika kulit terkena sinar ultraviolet, nutrisi dalam kacang hitam menghasilkan enzim yang melindungi kulit dari efek buruknya.

Rendah Glikemik Indeks
Olahan kacang hitam bisa jadi camilan menyehatkan, karena memiliki kandungan glikemik indeks (GI) yang rendah. Memilih makanan dan camilan dengan GI rendah sangat penting, karena GI yang tinggi mampu meningkatkan kadar gula dalam darah. Kacang hitam dan jenis makanan lain dengan GI rendah diserap perlahan-lahan di dalam aliran darah, yang membantu kadar gula dalam darah stabil. Makanan dengan GI rendah juga mampu melawan resistensi insulin yang berhubungan dengan diabetes, serta mampu menurunkan resiko stroke dan jantung.

Sumber :
http://memantau.blogspot.com/2012/11/manfaat-dan-khasiat-kacang-hitam.html

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat Gema Herbal Medika

Site Meter

Pengunjung

free counters

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP