Tuesday, March 12, 2013

Manfaat Ekstrak Buah Lemon

Ekstrak buah lemon adalah salah satu hal yang banyak dipakai sebagai bumbu penyedap masakan. Biasanya ekstrak buah lemon dipakai untuk menghilangkan rasa berlemak dari suatu makanan. Sudah tidak dapat dipungkiri bahwa keluarga jeruk, termasuk lemon, memang sangat bermanfaat untuk membantu menghilangkan rasa berlemak/anyir dari lemak.

Akan tetapi ternyata bukan hanya itu saja manfaat dari buah lemon. Masih ada manfaat kesehatan lainnya yang secara klinis terbukti berkhasiat untuk tubuh. Apa saja khasiat tersebut? Mari kita ikuti bahasan selengkapnya.

Deskripsi Ekstrak Herbal Lemon
Sebelum kita membahas tentang ekstrak lemon, tentu ada baiknya jikga kita mengenal lebih dulu apa yang dimaksud dengan ekstrak buah lemon tersebut. Dalam bahasan kali ini yang kita maksudkan dengan ekstrak buah lemon adalah sejenis minyak yang dihasilkan dari kulit lemon. Ekstrak minyak, pada umumnya mengandung berbagai zat aktif dari suatu tumbuhan tertentu, tidak terkecuali pada buah lemon. Pada buah lemon, zat yang bermanfaat seperti limonen dan sitral dapat ditemukan pada lapisan luar kulit buah itu sendiri.

Dapat Membunuh Sel Kanker
Salah satu manfaat dari herbal buah lemon adalah kemampuannya dalam dunia kedokteran alternatif, sebagai sebuah agen pembunuh sel kanker. Dijelaskan dalam website Snopes, bahwa info tentang kemampuan herbal lemon sebenarnya masih simpang siur. Namun dalam sebuah hasil penelitian di Saudi Arabia yang terbit pada tahun 2011 (Asian Pacific Journal of Cancer Prevention), menyebutkan bahwa ekstrak buah lemon meningkatkan apostosis (pemrograman kematian sel) di dalam sel kanker payudara, dalam hasil pengujian di laboratorium.

Memperlambat Pertumbuhan Mikroba
Salah satu manfaat dari ekstrak minyak herbal buah lemon yang lainnya adalah kemampuannya untuk memperlambat proses pertumbuhan mikroba. Hal ini menyebabkan ekstrak minyak buah lemon dapat dimanfaatkan sebagai salah satu pengawet alami alternatif.
Dalam sebuah hasil penelitian di Italia, yang terbit pada Agustus 2007 (Journal of Food Protection) dilaporkan bahwa ekstrak herbal lemon dapat memperlambat pertumbuhan bakteri dan ragi yang menyebabkan makanan menjadi busuk.

Mencegah Batu Ginjal
Sebuah hasil penelitian di Maroko yang terbit pada Oktober 2007 (BMC Urology) melaporkan bahwa minuman kesehatan jus lemon dapat membantu dalam mencegah pembentukan batu ginjal pada tikus. Orang yang menderita penyakit batu ginjal pada umumnya merasakan rasa sakit yang hebat, kesulitan bergerak dan kemungkinan kerusakan pada ginjal dan kandung kemih.

Mencegah Stress
Salah satu hal lainnya yang bermanfaat dari ekstrak herbal lemon adalah zat yang dikandungnya seperti limonene, terpinene dan juga sitral. Ketiganya dapat membantu untuk mengurangi stress baik secara fisik maupun secara psikologis.
Para peneliti di Jepang menemukan bahwa limonen dapat menghalangi kenaikan serum kortikosteron dan kenaikan cerebral monoamine, yang merupakan dua indikator bahwa seseorang sedang mengalami stress. Penemuan ini diterbitkan pada Februari 2008 (Stress and Health).
Demikian beberapa manfaat dari herbal ekstrak lemon yang dapat kita nikmati. Ternyata selain segar, banyak juga manfaat dari lemon untuk tubuh kita. Mau mencoba?

Referensi Ilmiah :
Snopes, snopes.com/medical/disease/lemons.asp
Journal of Food Protection, ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/17803147
BMC Urology, biomedcentral.com/1471-2490/7/18

Sumber:
http://ahliherbal.com/jurnal/manfaat-ekstrak-buah-lemon-272.html

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat Gema Herbal Medika

Site Meter

Pengunjung

free counters

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP