Monday, June 10, 2013

Kembang Telang Mampu Atasi Sakit Mata dan Demam

Kembang telang merupakan jenis tumbuhan merambat yang biasa ditemukan di pekarangan atau tepi hutan. Tumbuhan yang memiliki nama latin Clitoria ternatea ini termasuk dari jenis tumbuhan anggota suku polong-polongan, tumbuhan ini berasal dari Asia tropis, namun sekarang telah menyebar.

Selain dikenal dengan nama kembang telang, tumbuhan ini memiliki nama lain seperti bunga biru (Melayu), kembang telang (Sunda), kembang teleng (.Jawa), bunga temen raleng (Bugis).

Bunga biru ini juga memiliki beberapa khasit untuk kesehatan tubuh manusia, berikut beberapa khasiat yang bisa diambil.

1. Abses dan bisul.
Tumbuk halus bunga kembang telang berwarna biru secukupnya, lalu tambahkan gula jawa secukupnya. Gunakan campuran kedua bahan tersebut untuk menurap bisul atau abses. Selain itu, rebus akar kembang telang putih, lalu minum air rebusannya. Air rebusan ini bermanfaat untuk mencuci darah.

2. Demam, menghilangkan dahak pada bronkhitis kronis, iritasi kandung kemih, dan saluran kencing.
Rebus 0,3 g akar kembang telang kering dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan lalu minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

3. Radang mata merah.
Rendam bunga kembang telang yang berwarna biru secukupnya dalam 1 gelas air hingga air rendaman menjadi biru. Gunakan air rendaman untuk mencuci mata.

4. Sakit telinga.
Cuci bersih daun kembang telang, lalu lumatkan. Ambil air perasannya, tambahkan garam, lalu oleskan di sekitar telinga yang sakit saat masih hangat.

Selain manfaat tersebut kembang telang masih memiliki banyak manfaat lainnya yng bisa digunakan, selamat mencoba.

Sumber :
http://www.alfalfa.co.id/kembang-telang-mampu-atasi-sakit-mata-dan-demam/#.UbWQMNjzadF

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat Gema Herbal Medika

Site Meter

Pengunjung

free counters

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP