Saturday, August 10, 2013

8 Manfaat Lengkuas Yang Wajib Anda Tahu

Lengkuas merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang mudah dijumpai di Indonesia. Dalam kajian ilmiah, lengkuas dikenal dengan nama latin Alpinna Galanga. Jika didasarkan pada ciri fisiknya, lengkuas hampir serupa dengan jahe dan juga kunyit. Meski demikian, kita bisa dengan mudah membedakannya dengan cara menghirup baunya. Lengkuas ini tumbuh subur di wilayah tropis seperti Indonesia. Karena itu jangan heran jika ibu-ibu suka menanamnya di pekarangan rumah. Selain dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, ternyata manfaat lengkuas untuk kesehatan manusia juga cukup beragam.

Bagian tanaman lengkuas yang dimanfaatkan adalah rimpangnya. Pada akar rimpang ini, tersembunyi sejumlah senyawa penting antara lain minyak atsiri yang terdiri atas galangol, methyl-cinnamae, galangin dan sineol. Senyawa lainnya adalah kamfer, seskuiterpen, kadien, resin, heksabidrokadalen hidrat, amilum dan masih banyak lagi lainnya. Kompleksnya senyawa yang tersimpan di dalam rimpang lengkuas ini menjadikan ia sebagai salah satu herba obat yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat.

Adapun khasiat dan manfaat lengkuas bagi kesehatan antara lain:

1. Lengkuas mampu mencegah dan mengobati tumor. Senyawa transkoniferil disasetat di dalam lengkuas diketahui mampu menghambat kerja enzim xanthin yang merupakan salah satu pemicu tumor.
2. Lengkuas bersifat anti-inflamasi, dengan demikian ia ampuh meredakan radang. Manfaat lengkuas ini terkait kandungan galangin, dan karioferidanya.
3. Lengkuas ampuh mengobati penyakit rheumatoid arthritis.
4. Lengkuas bisa meredakan gelaja kurang nyaman akibat luka yang terdapat di dalam perut.
5. Jika Anda mabuk laut, kunyahlah lengkuas dan permasalahan Anda tersebut akan teratasi.
6. Dengan menggunakan lengkuas di dalam masakan Anda, secara tidak langsung Anda telah mengkonsumsi obat alami untuk melancarkan peredaran darah serta menangkal radikal bebas dari dalam.
7. Manfaat lengkuas lainnya adalah meredakan diare. Cukup dengan beberapa kunyahan lengkuas, diare akan hilang dalam beberapa waktu.
8. Lengkuas bisa menyembuhkan rematik dan juga sakit limfa.

Jika Anda cermat, terkadang dalam produk penambah nafsu makan selalu dicantumkan lengkuas atau Alpinna Galanga sebagai salah satu bahan baku. Memang, salah satu manfaat lengkuas adalah untuk membantu merangsang nafsu makan. Jadi jika anak atau anggota keluarga Anda lainnya mengalami kondisi kurang nafsu makan, tak ada salahnya meracik lengkuas menjadi minuman hangat untuk mereka.

Sumber :
http://akardanumbi.blogspot.com/2013/05/8-manfaat-lengkuas-yang-wajib-anda-tahu.html

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat Gema Herbal Medika

Site Meter

Pengunjung

free counters

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP