Monday, August 12, 2013

Kemangi Atasi Perut Kembung Pada Balita, Ini caranya

Kemangi jamak diketahui orang sebagai lalapan saat makan, atau menjadi bahan campuran saat memasak. Namun tahukah anda bahwa tanaman yang memiliki nama latin cimum ini menyimpan banyak manfaat dibalik rasa yang enak dan aroma wanginya.

Di Eropa, kemangi sering dimanfaatkan untuk berbagai bahan obat-obatan. Kemangi disuling dan diambil minyak atsirinya. Karena minyak atsiri kemangi banyak digunakan sebagai bahan Campuran pembuatan obat ataupun untuk perawatan tubuh seperti sabun mandi, biang parfum, body lotion, minyak gosok, permen pelega tenggorokan, dan juga minyak aroma terapi.

Lantas apa saja manfaat yng dimiliiki oleh kemangi, berikut beberapa manfaat dan cara pengolahannya.

Untuk demam dan masuk angin pada Balita.
Caranya : Ambil beberapa daun kemangi, kemudian diremas bersama bawang merah dan minyak kelapa, lalu dioleskan ke perut, dada, dan punggung, Akan mengatasi perut kembung/masuk angin dan deman pada anak balita.

Memperlancar ASI.
Konsumsi langsung / buat lalap daun kemangi segar dipercaya dapat mencegah bau badan dan bau mulut, serta memperlancar ASI.

Menunda menopouse.
Kandungan Zat triptofan pada daun kemangi bisa menunda monopause. Jadi perbanyak konsumsi kemangi jika ingin menunda massa menopouse.

Cegah kemandulan.
Kandungan zat arginin dalam daun kemangi bisa mencegah kemandulan, baik pria atau wanita.

Membunuh jamur penyebab keputihan.
Kandungan senyawa eugenolnya dapat membunuh jamur penyebab keputihan.

Membantu pematangan sel telur (ovulasi).
Kandungan Zat stigmaasterol dalam kemangi merangsang pematangan sel telur (ovulasi).

Memelihara kesehatan Jantung.
Kandungan betakaroten dan magnesium pada kemangi, yang merupakan mineral penting yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan jantung.

Meningkatkan fungsi pembuluh darah nadi (artery) pada pasien stroke.
Kandungan isoflavon pada kemangi dan juga terdapat pada kacang-kacangan seperti kedelai, buncis, kacang polong, dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah nadi (artery) pada pasien stroke.

Selain manfaat diatas, daun kemangi juga terbukti ampuh untuk menyembuhkan sakit kepala, pilek, diare, sembelit, cacingan, dan gangguan ginjal, aroma kemangi dapat menolak gigitan nyamuk.

Banyak manfaat yang kita dapatkan dibalik wangi daun kemangi. Bisa sangat merugi jika kita tidak mengkonsumsi daun kemangi yang banyak ditemukan disekitar kita. Bagi yang tidak suka daun kemangi, mulai saat ini coba untuk menyukainya untuk mengkonsumsinya. Karena Manfaat Daun Kemangi sangat berlimpah.

Sumber :
http://www.alfalfa.co.id/kemangi-atasi-perut-kembung-pada-balita-ini-caranya/

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat Gema Herbal Medika

Site Meter

Pengunjung

free counters

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP