Thursday, January 30, 2014

8 Manfaat kesehatan dari kacang mete

Kacang mete atau kacang mede adalah kacang yang berasal dari buah jambu monyet. Dengan rasanya yang enak dan khas, kacang ini tentunya memiliki banyak penggemar di dunia. Kacang mete biasa digunakan dalam berbagai jenis makanan, namun kebanyakan pada makanan penutup seperti kue, es krim, atau cemilan.

Tak hanya enak, ternyata kacang mete juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Hal ini karena banyaknya nutrisi yang terkandung di dalamnya, seperti zinc, zat besi, fosfor, dan lainnya. Lantas, apa saja manfaat makan kacang mete untuk kesehatan? Ini dia daftarnya, seperti dilansir oleh Boldsky (04/01).

1. Mencegah kanker
Kacang mete mengandung antioksidan yang disebut proanthocyanidins yang memiliki khasiat mencegah kanker. Dengan begitu, kacang mete bisa membantu Anda untuk mencegah dan mengatasi pertumbuhan sel abnormal yang nantinya bisa menyebabkan tumor atau kanker.

2. Melawan diabetes
Salah satu manfaat kesehatan kacang mete yang cukup besar dan penting adalah kemampuannya untuk mengontrol diabetes. Mengonsumsi kacang mete secara teratur bisa membantu Anda menurunkan tingkat gula darah yang bisa menaikkan risiko diabetes. Jika Anda sering mengalami masalah dengan gula darah, tak ada salahnya mulai mengonsumsi kacang mete secara teratur.

3. Membunuh bakteri
Makan kacang mete dalam jumlah tertentu bisa membantu mencegah infeksi pada mulut dan gigi. Nutrisi dalam kacang mete bisa membantu membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi pada gigi. Tak hanya itu, makan kacang mete juga bisa membantu mengurangi jerawat.

4. Mencegah batu empedu
Salah satu khasiat kacang mete yang besar adalah mencegah terbentuknya batu empedu. Mengonsumsi kacang mete diketahui bisa mengurangi terbentuknya batu empedu hingga 25 persen. Caranya, tambahan satu ons kacang mete pada diet Anda seminggu sekali.

5. Kesehatan tulang dan darah
Mengonsumsi kacang mete bisa membantu meningkatkan kesehatan tulang dan darah. Antioksidan yang ada dalam kacang mete akan menurunkan radikal bebas dan membantu tubuh menyerap zat besi yang berguna untuk kesehatan tulang dan darah.

6. Kesehatan jantung
Kacang mente dipenuhi dengan kolesterol baik yang tak akan membahayakan jantung. Sebaliknya, kolesterol dalam kacang mete justru meningkatkan sirkulasi pada jantung dan menjaga kesehatannya. Ini disebabkan adanya asam lemak sehat yang terkandung dalam kacang mete.

7. Mencegah kelelahan
Dalam kacang mete terdapat kandungan magnesium yang besar. Magnesium sangat berguna untuk mencegah rasa lelah dan stres. Tak hanya itu, magnesium juga membantu menjaga kebugaran tubuh secara keseluruhan. Kacang mete juga bisa membantu menjaga tekanan darah, rasa lelah yang berlebihan, keram otot, dan migrain.

8. Menjaga berat badan
Mengonsumsi kacang mete secara teratur setiap hari bisa membantu Anda menurunkan berat badan atau menjaga berat badan tetap stabil. Ini adalah salah satu manfaat kacang mete yang sangat menarik. Kacang mete mengandung lemak sehat yang akan membuat Anda cepat kenyang dan membantu mengurangi jumlah lemak yang jahat dalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat kacang mete untuk kesehatan. Saat ini harga kacang mete memang tak semurah kacang lainnya, seperti kacang tanah. Namun harga dan rasanya yang enak terbukti memiliki banyak manfaat.

Sumber :
http://www.merdeka.com/sehat/8-manfaat-kesehatan-dari-kacang-mete/menjaga-berat-badan.html

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat Gema Herbal Medika

Site Meter

Pengunjung

free counters

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP