Sunday, February 9, 2014

Kacang Macadamia Kurangi Risiko Penyakit Jantung Koroner

Sebuah studi terbaru menemukan bahwa kacang macadamia bisa mengurangi kolesterol dan risiko penyakit jantung koroner pada pasien dengan kadar kolesterol yang tinggi.

Dalam studi yang dilakukan pada bulan April 2008 di Journal of Nutrition, peneliti mencatat bahwa studi epidemiologi dan uji klinis telah menunjukkan bahwa asam lemak yang dikandung kacang macademia bisa mempengaruhi lipid serum dan lipoprotein, yang dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Dikutip dari Naturalnews, para peneliti menemukan bahwa konsentrasi serum pada jumlah total kolesterol dan kolesterol LDL pada kacang macadamia secara signifikan bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Selain itu, dalam penelitian yang dilaporkan pada bulan Juni 2007 di jurnal Lipid, para peneliti juga mencatat bahwa selain menjadi sumber asam oleat dan asam palmitoleat, kacang macadamia mengandung senyawa polifenol yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Percobaan lain di Hawaii juga menunjukkan hal serupa, yakni kacang macadamia dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Tak cukup sampai di situ. Sebuah penelitian di Universitas Newcastle, yang melibatkan subyek dengan kadar kolesterol tinggi, menemukan bahwa responden yang makan kacang macadamia menunjukkan penurunan yang signifikan dalam kolesterol serum darah, total trigliserida darah,kolesterol LDL, dan pembekuan darah.

Kacang macadamia sendiri banyak tersebar di Australia timur (7 spesies), dan Sulawesi (1 spesies). Kini Anda bisa menemukan produk kacang macadamia di berbagai swalayan besar.

Sumber :
http://www.merdeka.com/sehat/kacang-macadamia-kurangi-risiko-penyakit-jantung-koroner.html

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat Gema Herbal Medika

Site Meter

Pengunjung

free counters

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP