Tuesday, February 4, 2014

Kacang Pinus, Camilan Sehat Pengusir Lelah

Pine nut adalah biji-biji dari pohon pinus. Melihat nama asingnya, mungkin cukup pas kalau pine nut ini diindonesikan menjadi kacang pinus, meskipun sebutan itu belum lazim. Selain pine nut, ada juga biji-biji dari berbagai jenis tanaman pinus yang banyak tumbuh di berbagai bagian dunia. Seperti pignoli, pinyon nut, Indian nut.

Biji-biji pinus ini terdapat dalam buah pinus yang berbentuk kerucut. Untuk memanen bijinya, kerucut buah pinus dijemur. Setelah kering, biji-bijinya akan lepas bertebaran. Biji-biji ini yang kemudian dipecahkan. Karena untuk memperoleh bijinya memerlukan proses yang agak sulit, maka harga kacang pinus ini cukup mahal. Kacang pinus mengandung 14 persen protein.

Kandungan mineral dan lemak sehatnya menjadikan kacang pinus efektif sebagai makanan pembentuk basa dalam darah dan jaringan tubuh. karena itu, kacang pinus secara konvensional oleh penduduk negara-negara Barat disebutkan dapat berfungsi sebagai pelumas bagi paru-paru dan usus besar. Sering menyantap kacang pinus dapat membantu menggenjot sistem kekebalan tubuh.

Mengonsumsi kacang-kacangan seperti almond dan kenari adalah cara sehat mendapatkan asam lemak esensial dan protein, untuk memastikan Anda tidak lapar antara waktu makan.

Tapi, jika Anda sering merasa kelelahan, ada jenis kacang yang dapat menjadi camilan sehat, yaitu kacang pinus.
Berikut adalah beberapa alasannya:

Mengandung mangan yang tinggi
Kacang pinus merupakan sumber mineral mangan yang penting, antara lain dapat membantu Anda menjaga kadar gula darah normal. Mangan juga membantu menjaga tulang dan saraf yang sehat, dan dapat membantu meningkatkan sistem reproduksi.

Membantu melawan penyakit
Kacang pinus kaya vitamin E, yang membantu mempertahankan sel-sel yang sehat serta memerangi penyakit. Lemak tak jenuh tunggal di dalamnya dapat membantu tingkat kolesterol jahat lebih rendah untuk mengurangi risiko penyakit jantung atau stroke.

Menekan nafsu makan
Penelitian telah menunjukkan bahwa asam lemak esensial yang ditemukan dalam kacang-kacangan pinus, yang disebut asam pinolenic, dapat membantu menghilangkan rasa kelaparan. Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi sekitar setengah sendok teh minyak pinus sebelum makan mengurangi jumlah asupan makanan yang dibutuhkan tubuh sebanyak sembilan persen.

Bagaimana cara mengonsumsi kacang pinus? Taburi di salad atau tumisan. Dapat pula sebagai bahan saat membuat saus pasta. Sama seperti semua jenis kacang-kacangan, kacang pinus mengandung kalori yang cukup tinggi, yaitu kalori yang terdapat pada 77 kacang pinus adalah sekitar 100 kalori.

Sumber :
http://life.viva.co.id/news/read/362388-kacang-pinus--camilan-sehat-pengusir-lelah

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat Gema Herbal Medika

Site Meter

Pengunjung

free counters

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP