Friday, May 2, 2014

Manfaat dan Khasiat Daun Kemangi

Khasiat Daun Kemangi, mungkin belum banyak orang mengetahuinya. Namun ternyata daun yang bentuknya kecil ini pun mempunyai khasiat dan manfaat yang sangat baik untuk tubuh kita. Daun kemangi memiliki nama latin Ocimum citriodorum, yang merupakan hibrida antara dua spesies selasih, yaitu Ocimum basilicum dan juga Ocimum americanum. Daun kemangi juga memiliki wangi yang khas bila dibandingkan dedaunan yang lainnya, ini karena kandungan sitral yang tinggi pada daun dan juga bunganya. Biasanya daun kemangi dijadikan masyarakat Indonesia sebagai lalapan sambal.

KHASIAT DAUN KEMANGI
Daun kemangi tidak hanya dikenal di Indonesia, di beberapa negara seperti India, Thailand, Italia, sebagian wilayah Eropa dan sebagian wilayah Afrika juga mengenal dan mengetahui khasiat daun kemangi. Khasiat daun kemangi akan kita dapatkan, ini karena daun kemangi memiliki beberapa kandungan yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita, seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B, beta karoten, kalsium, fosfor magnesium, protein, lemak, karbohidrat, besi, flavonoid, arginin, boron dan anetol. Dengan kandungan yang banyak dari daun kemangi tersebut, tentu saja pastinya khasiat daun kemangi akan kita dapatkan terutama untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat.

Lalu apa saja sebenarnya khasiat daun kemangi tersebut? Berikut adalah beberapa khasiat daun kemangi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita :

1. Melawan Radikal Bebas
khasiat daun kemangi sangat baik untuk melawan radikal bebas, ini karena daun kemangi memiliki antioksidan yang sangat baik untuk melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita. Antioksidan yang berupa flavonoid dan juga eugenol mempu mencegah pertumbuhan bakteri,virus dan jamur.

2. Membantu Pertumbuhan Tulang
khasiat daun kemangai dapat membantu pertumbuhan tulang kita. Ini karena daun kemangi memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang berperan penting dalam mengatur pembentukan dan pertumbuhan tulang. Kemudian kandungan astenol dan boron dalam daun kemangi memberikan khasiat daun kemangi yang berperan aktif dalam merangsang funsi kerja dari hormon estrogen dan juga hormon endrogen, serta mencegah pengeroposan tulang.

3. Melancarkan Aliran Darah
khasiat daun kemangi dapat membantu melancarkan aliran darah dalam tubuh kita. Ini dilihat dari daun kemangi yang memiliki kandungan magnesium yang dapat membantu merilekskan jantung dan juga pembuluh darah, sehingga menjaga aliran darah untuk tetap lancar.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
khasiat daun kemangi dapat membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh, ini karena daun kemangi memiliki kandungan beta karoten yang dapat meningkatkan respon antibodi, sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan beta karoten juga dapat membantu sintesis protein sehingga mendukung proses pertumbuhan dan juga dapat memperbaiki sel-sel yang rusak. Selain itu, khasiat daun kemangi dari kandungan beta karoten tersebut dapat membantu untuk meningkatkan fungsi penglihatan.

5. Mencegah Kemandulan
khasiat daun kemangi dapat membantu untuk mencegah kemandulan. Ini karena daun kemangi mengandung zat arginin yang dapat memprkuat daya hidup sperma sehingga dapat mencegah kemandulan. Selain itu, daun kemangi juga mengandung zat eugenol dan apigenin fenkhona yang dapat membantu meningkatkan kualitas ereksi penis dan mencegah ejakulasi dini.

Selain khasiat daun kemangi yang tadi telah disebutkan. Dari beberapa penelitian, seperti yang dilakukan oleh Center for News Crops and Plant Product, Purdue University, Amerika Serikat. khasiat daun kemangi juga dapat mengatasi penyakit seperti keluhan flu, diare, sakit kepala, cacingan, sampai penyakit ginjal. Selain itu, penelitian tersebut juga memperlihatkan khasiat daun kemangi yang dapat mengobati perut kembung, maag, masuk angin dan juga badan lesu.

Khasiat daun kemangi juga masih banyak. Seperti di India dan sebagian wilayah di Afrika, memanfaatkan daun kemangi untuk dijadikan sebagai teh. Teh kemangi tersebut biasa disajikan saat musim dingin, dimana saat masyarakat sangat mudah untuk terserang batuk, pilek dan juga demam. Sedangkan di Eropa, minyak atsiri daun kemangi memberikan khasiat daun kemangi yang bisa digunakan sebagai salah satu bahan campuran untuk lotion, sabun mandi, parfum, pelega tenggorokan, minyak gosok dan juga minyak aroma terapi.

Itu lah tadi beberapa khasiat daun kemangi yang sangat baik untuk tubuh. Ternyata tanaman yang selalu dijadikan lalapan untuk sambal oleh masyarakat indonesia, memiliki berbagai macam khasiat dan manfaat yang tentunya sangat baik untuk tubuh kita. Semoga tulisan khasiat daun kemangi ini dapat bermanfaat untuk semua pembacanya, dan terima kasih karena telah membaca tulisan khasiat daun kemangi.

Sumber :
http://www.berkhasiat.com/2013/03/khasiat-daun-kemangi.html

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat Gema Herbal Medika

Site Meter

Pengunjung

free counters

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP