Tuesday, January 6, 2015

5 Manfaat Bunga Lawang Bagi Kesehatan

Tak banyak orang yang tahu apa manfaat bunga lawang. Jangankan manfaat, bunga lawang itu sendiri apa juga masih sedikit orang yang mengetahuinya. Sebagian masyarakat Indonesia biasanya menyebut rempah-rempah yang satu ini dengan sebutan pekak.

Layaknya rempah-rempah lainnya. Rempah yang berbentuk seperti bunga dan berwarna cokelat ini juga biasa digunakan sebagai bumbu dari masakan. Namun tahukah Anda, bahwa ada manfaat bunga lawang yang bisa kita dapatkan selain sebagai sebagai penambah rasa pada masakan. Ya, rempah yang satu ini ternyata memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah 5 manfaat tersebut.

1. Menjaga kesehatan kulit
Bunga lawang memiliki khasiat untuk mempercantik kulit Anda. Kandungan anethol-nya yang menyebabkan bunga lawang dapat menjaga kesehatan kulit Anda. Minyak dari bunga lawang juga dapat berfungsi sebagai detoks pada tubuh Anda.

2. Kesehatan wanita
Perempuan setiap bulannya selalu mengalami masalah hormonal. Seperti kram saat menstruasi. Nah, mengoleskan dan memijat minyak bunga lawang dipercaya mampu meredakan kram akibat menstruasi. Atau Anda bisa mengkonsumsinya dengan meminum bersama air hangat dan rebusan asam jawa.

Bagi Anda ibu menyusui juga dapat menggunakan minyak bunga lawang. Meminum seduhan teh minyak bunga lawang dipercaya dapat meningkatkan ASI para ibu. Atau jika Anda ibu hamil, maka menghirup aroma bunga lawang dapat mengurangi morning sickness Anda.

3. Mengatasi perut kembung atau bergas dan sembelit
Mengkonsumsi minyak dari rempah yang satu ini juga ternyata bisa menjadi pereda masalah perut kembung, bergas atau sembelit. Konsumsi paling tidak sehari sekali pada pagi hari dengan menggunakan air hangat. Agar pencernaan Anda menjadi lancar.

4. Menjaga kesehatan jantung
Mengkonsumsi minyak dari rempah ini ternyata bisa membuat tekanan darah Anda menjadi terkontrol. Sehingga akan mengurangi tekanan pada jantung dan memperkuat jantung Anda. Hal ini karena sifat analgestik alami yang dimiliki oleh rempah ini.

5. Meredakan flu dan batuk
Rempah-rempah yang satu ini memiliki sifat antiseptik yang mampu menyembuhkan luka. Karenanya, sama seperti cengkeh, manfaat bunga lawang lainnya yaitu bisa digunakan sebagai pereda sakit gigi. Selain itu, sangat baik bagi sistem pencernaan dan menjadi obat alami untuk penyakit batuk, flu serta meriang.

Minyak dari rempah ini juga sangat baik buat kesehatan tubuh. Dapat digunakan sebagai anti mikroba dan anti jamur. Aroma kuat dari rempah ini dapat dijadikan obat penenang alami untuk Anda yang mengalami gangguan tidur.

Sumber : http://www.orinsis.com/5-manfaat-bunga-lawang-bagi-kesehatan/

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat Gema Herbal Medika

Site Meter

Pengunjung

free counters

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP