Friday, September 18, 2015

Berbagai Manfaat Penyembuhan Daun Tin, Mulai Dari Wasir Hingga Kanker

Anda tentu pernah mendengar buah Tin sebagaimana dikatakan dalam Quran Surah At-Tin. Buah Tin atau disebut juga buah Ara atau nama internasionalnya adalah common fig merupakan buah yang dapat dikonsumsi. Tumbuhan ini masih ada hubungan dengan pohon Beringin karena memiliki genus yang sama yakni Ficus. Pohon Tin sudah ada sejak dahulu kala tepatnya tahun 9200 SM di daerah Lembah Yordania kurang lebih 13 km dari Kota Jericho. Selain nikmat, buah Tin pun memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Begitupun dengan manfaat daun Tin yang juga ampuh untuk menanggulangi berbagai macam penyakit.

Pada masa lalu cuma golongan bangsawan saja yang bisa mengkonsumsi buah Tin dan cuma di waktu waktu khusus. Buah Tin serupa Jambu Biji dengan baunya yang wangi, tekstur lembut dan cita rasanya keset serta biji yang renyah. Tak cuma itu, buah Tin pun mempunyai berbagai khasiat bagi kesehatan. Soalnya buah yang satu ini memiliki kandungan kalium, asam lemak omega 3 dan asam lemak omega 6 yang berperan mengendalikan tekanan darah dan menghindarkan terjadinya serangan jantung. Konsentrasi senyawa coumarin di dalamnya pun bisa meminimalisir kemungkinan terkena kanker prostat.

Berbagai manfaat kesehatan pun bisa diambil dari bagian lain tanaman ini tak terkecuali manfaat daun Tin. Air godogan daun Tin jika dikonsumsi dengan rutin dapat sebagai obat bagi penderita kencing batu, kencing manis dan gejala asam urat. Air rebusan ini pun bisa menolong penderita diabetes menurunkan kebutuhan insulin. Khasiat daun Tin lainnya adalah mengobati infeksi ginjal. Cara penggunaan daun Tin untuk mengobati diabetes seperti juga daun herbal lainnya yaitu direbus. Siapkan beberapa lembar daun Tin segar, setelah dicuci bersih tambahkan air sesuai kebutuhan dan rebus hingga airnya mendidih. Biarkan saja sampai volume air rebusan tinggal setengahnya baru diangkat dari perapian. Setelah dingin atau masih hangat baru diminum dengan dosis 1 gelas untuk sekali minum. Ini layaknya minum teh biasa, boleh ditambahkan sedikit madu untuk menambah rasa.

1. Mengobati Bronkitis
Masukkan 3 lembar daun Tin dalam setengah liter air dan didihkan. Biarkan air mendidih selama 15 menit dan kemudian minum ramuan ini layaknya minum teh.

2. Penderita kardiovaskular dan kanker
Cobalah minum teh daun Tin ini dengan rutin ditambah mengkonsumsi buah Tin segar setiap hari. Rasakan perubahan yang terjadi pada penyakit yang diderita.

3. Mengobati kutil kelamin
Ambil satu atau dua lembar daun Tin segar. Aplikasikan getah yang dihasilkan daun Tin pada area yang terinfeksi.

4. Wasir
Manfaat daun Tin untuk penyakit ini cukup dengan menyiapkan dua atau tiga lembar daun Tin dalam seliter air kemudian didihkan. Rebus selama minimal 15 menit. Angkat dari api dan biarkan panci mendingin. Ambil daun Tin dan digunakan air rebusannya untuk mencuci wasir. Boleh juga digunakan untuk mandi.

Sumber :
http://9manfaatdaun.blogspot.co.id/2015/02/berbagai-manfaat-penyembuhan-daun-tin.html

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat Gema Herbal Medika

Site Meter

Pengunjung

free counters

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP